Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Tumis Daging Sengkel Jagung Muda/Putren yang Mudah dan Sederhana

Bahan dan Bumbu Tumis Daging Sengkel Jagung Muda:

  • 100 gram daging sengkel
  • 200 gram jagung putren (potong-potong)
  • 5 butir bawang merah (diiris tipis)
  • 3 siung bawang putih (iris tipis)
  • 2 sendok teh saus tiram
  • 2 buah cabai merah besar (potong)
  • 1/2 sendok teh merica hitam (sangrai, ditumbuk kasar)
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Tumis Daging Sengkel Jagung Muda/Putren yang Mudah dan Sederhana

Cara Mengolah Daging:

  1. Langkah pertama sebelum kita olah dan bumbui daging yang sudah kita persiapkan. Terlebih dahulu kita iris-iris daging dengan ukuran yang tipis. Hal ini difungsikan agar daging sengkel mirip dengan daging sukiyaki sehingga ketika disantap sebagai hidangan tumis daging akan terasa serat yang lezat dan lemak yang nikmat pada daging yang dapat menambah kelezatan dari tumis daging.
  2. Setelah selesai diiris tipis-tipis, langkah selanjutnya silahkan cuci bersih daging yang sudah diiris dengan menggunakan air bersih hingga kotorn yang ada pada daging dibersihkan secara keseluruhan.
  3. Angkat daging dari cucian, tempatkan dalam wadah dan tiriskan airnya kemudian sisihkan sementara.

Cara Memasak Tumis Daging Jagung Muda:

  1. Setelah daging di cuci bersih, selanjutnya silahkan tumis bawang putih bawang merah dan cabai dalam wajan yang diberikan sedikit minyak dan telah dipanaskan terlebih dahulu. Tumis bawang hingga tercium bau aroma harum dan bawang yang dimasukkan beserta dengan bahan lainnya menjadi lebih matang dan lebih layu.
  2. Setelah tumisan tercium bau aroma harum, masukkan daging kedalam tumisan. Aduk-aduk merata dan tumis hingga daging berubah warna menjadi kecoklatan.
  3. Setelah daging berubah warna, masukkan potongan jagung muda atau jagung putren kedalamnya dan aduk-aduk hingga jagung menjadi lebih layu.
  4. Masukkan bumbu saus tiram, garam, merica hitam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga bumbu merata kedalam semua bahan tumisan dan cicipi bumbu hingga pas dan merata.
  5. Aduk-aduk hingga bumbu meresap pada daging dan pada jagung. Masak hingga daging setengah matang.
  6. Masukkan air mineral pada tumisan dan tumis hingga daging matang dan menjadi lebih empuk merata.

Setelah matang, angkat dan sajikan pada piring saji. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi bersama dengan keluarga dan sahabat. Apalagi jika dihidangkan untuk anak-anak, selain penampilannya yang cantik. Kebaikan dari sayur dan daging akan baik untuk kesehatan mereka. Jadi tidak ada salahnya ibu mencoba hidangan yang satu ini untuk dipraktikan dirumah dengan mudah dan praktis. Selamat memasak dan semoga bermanfaat ya bu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here