10 Manfaat Daging Kambing & Efek Sampingnya

Ketahui Manfaat daging kambing, kandungan gizi, efek samping, dan tips mengkonsumsi daging kambing ā€“ Pada hari raya kurban identik dengan daging kambing, memang daging ini merupakan salah satu makanan yang sangat dilema bagi masyarakat kita, dengan banyaknya anggapan bahwa daging kambing ini sangat tidak baik bagi kesehatan khususnya bagi yang mempunyai penyakit jantung dsb. Memang, dari semua anggapan itu ada benarnya. NamunĀ  jika kita mengolahnya dengan sehat dan baik maka daging kambing yang kita konsumi akan memberikan dampak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Banyak sekali rumah makan atau restoran yang menyajikan dari olahan daging kambing seperti dengan di bakar atau di sup dsb. Terlebih di india dan meksiko sendiri, daging kambing ini merupakan masakan popoler selama berabad-abad dan hal ini sangat lazim, mengingat jika kita melihat dari nilai gizi pada daging kambing sangat baik bai kesehatan tubuh kita jika kita menanganinya atau menyajikannya dengan olahan yang baik dan sehat.

Kandungan Gizi pada Daging Kambing

Sebelum kita menyimak tentang ulasan beberapa manfaat mengkonsumsi daging kambing untuk kesehatan tubuh, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu akan kandungan gizi yang terkandung pada daging kambing. Dan berikut telah saya rangkum beberapa kandungan gizi dari 100 gram daging.

  • Sodium 135 mg 6%
  • Lemak 11 g ( 17% dari kebutuhan harian tubuh )
  • Lemak jenuh 5 g ( 26% )
  • Kalori 234 mg
  • Kolestrol 109 mg ( 36% dari kebutuhan harian tubuh )

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengandung energi yang cukup besar

Manfaat mengkonsumsi daging kambing yang pertama adalah sumber energi yang cukup besar sehingga dapat melakukan aktifitas yang lebih baik. Kandungan protein, lemak, dan kalori pada daging kambing ini mampu menjaga tubuh anda lebih fit.

  1. Bermanfaat dalam pembentukan otot

Daging kambing mengandung protein yang cukup besar, dan paling besar jika di bandingkan dengan daging-daging lainnya. Seperti yang kit ketahui bahwa, kandungan protein ini merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pembentukan otot.

  1. Bermanfaat untuk mencegah anemia

Daging kambing ini termasuk ke dalam beberapa kelas daging merah. Penyakit anemia ini merupakan salah satu penyakit yang harus di atasi yaitu dengan cara salah satunya mengkonsumsi daging merah seperti daging kambing.

  1. Bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Daging kambing juga mengandung zat besi yang cukup tinggi, perlu anda ketahui dari 100 gram daging kambing terdapat 26% zat besi yang dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh anda. Zat besi ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun dalam tubuh.

  1. Bermanfaat sebagai antioksidan

Daging kambing mengandung sumber selenium yang cukup besar, dan tentunya dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh kita. Terbilang, dari 100 gr daging kambing terdapat 54% atau 38,0 mg yang mencukupi kebutuhan harian anda. Antioksidan yang terkandung dalam daging kambing berfungsi untuk melindungii sel dari kerusakan.

  1. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Manfaat mengkonsumsi daging kambing juga berengaruh untuk menjaga kesehatan mata. Dalam hal ini terdapat kandungan Riboflavin atau yang terkenal dengan sebutan Vitamin B2, yang mana dari 100 gr daging kambing terdapat 18% atau 0,3 mg untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh anda.

  1. Bermanfaat untuk menjaga system saraf

System saraf pada manusia terbilang sangat kompleks, dan daging kambing ini memiliki kandungan zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan system saraf yaitu dengan kandungan di dalamnya Vitamin B12. Dari 100 gr daging kambing terdapat 75% yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh anda. Namun dalam mengkonsumsi daging kambing ini harus di lakukan dengan olahan yang sangat baik dan di konsumsi dengan teratur jangan berlebihan.

  1. Bermanfaat untuk kesehatan mental

Kandungan Vitamin B12 yang terkandung pada daging kambing ini juga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan system saraf namun juga dapat mempengaruhi pada kesehatan mental. Dalam hal ini sumber kandungan Vitamin B12 ini berfungsi untuk mengubah sumber energi.

  1. Bermanfaat untuk meningkatkan kolestrol baik (HDL)

Daging kambing mengandung Vitamin B3 (niacin) yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kolestrol baik atau HDL dalam darah. Oleh karenanya anda tidak perlu khawatir akan kolestrol jahat yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Karena dalam 100 gr daging kambing terdapat 33% yang dapat mencukupi kebutuhan harian anda, dan yang terpenting konsumsilah daging kambing ini secara teratur jangan berlebihan.

  1. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Manfaat daging kambing yan lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang anda. Daging kambing mengandung phosphorus sebanyak 272 mg dari 100 gr daging kambing, yang tentunya dapat mencukupi kebutuhan harian anda sebanyak 27%. Zat yang terdapat pada daging kambing ini merupakan salah satu zat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang anda.

Setelah anda mengetahui tentang manfaat mengkonsumsi daging kambing untuk kesehatan tubuh. Maka, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu tentang bagaimana cara untuk mendapatkan manfaat dengan mengkonsumsi daging kambing ini dengan baik, yaitu dengan cara pengolahan atau mengolahnya baik itu di bakar atau di sop serta memilih daging kambing yang sehat dengan daging yang memiliki warna pink merah juga lemak yang cukup halus

Efek Samping atau Kontraindikasi Mengkonsumsi Daging Kambing

Perlu anda perhatikan, jika anda mengalami penyakit seperti diabetes, kolestrol, dan tekanan darah tinggi alangkah baiknya jika ingin mengkonsumsi harus dengan porsi yang sangat sedikit atau di konsumsi secara teratur hindari makan dengan berlebihan. Dalam ini daging kambing sangat tinggi akan kolestrol dan juga sangat berbahaya untuk anda yang memiliki penyakit hipertensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here