Cabe merupakan salah satu tumbuhan yang biasa dijadikan sebagai bumbu masak di dapur. Ada banyak jenis cabe yang ada di seluruh bagian negara mulai dari cabai setan sebagai cabai terpedas dari daerah utara India sampai cabe hijau besar yang sering digunakan untuk menambahkan rasa yang tidak terlalu pedas pada masakan. Akan tetapi, bukan hanya sebagai bumbu masak saja, ternyata cabe hijau ini juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan dalam 100 gram cabe hijau besar, terdapat berbagai kandungan senyawa, mineral dan vimanin yang sangat penting bagi tubuh. Apa sajakah kandungan yang ada pada cabe hijau dan apa manfaat kandungan tersebut? Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai hal tersebut, simak saja penjelasannya pada tulisan ini.

Kandungan dalam Cabe Hijau

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cabe hijau memiliki banyak kandungan vitamin maupun senyawa lain yang sangat baik untuk kesehatan, yaitu :

  • Vitamin

Di dalam 100 gram cabe hijau, ada beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya seperti manfaat vitamin A, vitamin B1 dan manfaat vitamin C yang terbukti 7√ó lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Adanya vitamin tersebut pada cabe hijau membuat salah satu jenis cabe di Indonesia ini makin kaya manfaat, salah satunya ialah menangkal radikal bebas yang dapat memicu banyak penyakit. Kandungan vitamin A yang ada pada cabe hijau termasuk beta karoten, lutein, zea-xanthine dan cryptoxanthine. Sedangkan untuk manfaat vitamin B, vitamin B1 seperti riboflavin dan thiamin. merupakan vitamin B kompleks yang ada pada setiap cabe hijau.

  • Mineral dan Senyawa lain

Di dalam cabe hijau, selain vitamin, ada juga mineral yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Mineral seperti fosfor tentu akan memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Untuk senyawa lain, cabe hijau mengandung capcaisin yang mempunyai sifat sebagai anti-bakteri, analgesik, anti-karsinogenik dan anti-diabetes.

  • Protein

Ternyata, protein juga terkandung di dalam cabe hijau besar. Walaupun kandungan protein ini tidak sebanyak makanan lain yang terkenal mempunyai protein tinggi, akan tetapi, kandungan protein yang ada pada cabe hijau pun akan sangat membantu regenerasi sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

Dengan berbagai kandungan yang ada pada cabe hijau, berikut merupakan beberapa manfaat dari bumbu masak yang satu ini :

  1. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebeb utama datangnya berbagai macam penyakit saat ini. Beberapa diantaranya ialah penyakit kanker dan diabetes atau penyakit gula. Dengan kandungan senyawa anti-radikal bebas yang ada pada setiap cabe hijau, anda tentu tidak perlu khawatir mengenai bahaya radikal bebas yang akan mengancam. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa capsaicin dan juga vitamin dalam cabe hijau. Kandungan cabe hijau tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menurunkan resiko beberapa penyakit berbahaya salah satunya ialah kanker.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kemudian, cabe hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih usus karena sifatnya sebagai detoxicants alami. Detoxifikasi sendiri ialah sebuah proses pembersihan tubuh dari berbagai macam toksin yang masuk ke dalam tubuh bisa melalui makanan yang dikonsumsi atau juga dari polusi. Sebagai pendetoksifikasi alami, cabe hijau akan mengeluarkan toksin tetsebut melalui feses atau pun keringat. Maka dari itu, mengkonsumsi cabe hijau secara teratur dengan dosis yang tepat akan sangat membantu untuk pembersihan usus dari berbagai toksin yang ikut masuk melalui makanan yang kita konsumsi sehingga mampu mengurangi resiko kanker usus.

  1. Menyehatkan paru-paru

Selain sangat baik untuk pencernaan, cabe hijau juga ternyata baik untuk kesehatan paru-paru. Pertama, kandungan cabe hijau sangat baik untuk membersihkan paru-paru dari berbagai masalah paru-paru. Selanjutnya, cabe hijau pun dapat membantu untuk melebarkan saluran udara sehingga nafas akan lebih lega, apalagi saat sedang flu. Dengan adanya manfaat yang terkandung padacabe hijau tersebut, penyakit seperti radang paru-paru dan juga enfisema dapat diatasi.

  1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada cabe hijau ternyata sangat baik umtuk membuat kulit lebih sehat. Dengan adanya fakta ini, konsumsi cabe hijau dalam dosis yang pas dapat membantu wajah untuk mengatasi jerawat, bahkan dapat juga untuk mengurangi proses penuaan pada wajah seperti terjadinya keriput dan kulit kusam. Selain itu, fitronutrien yang ada pada cabe hijau juga ampuh untuk memudarkan ruam pada kulit. Juga, mengkonsumsi cabe hijau dapat melindungi kulit dari penyakit kudis.

Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit dan menyebabkan rasa gatal. Kemudian, dengan berbagai kandungan yang ada pada cabe hijau, penyakit kudis ini dapat dicegah dan diatasi.

  1. Perbaiki suasana hati

Adapun manfaat cabe hijau selanjutnya ialah dapat memperbaiki suasana hati orang yang mengkonsumsinya. Pada faktanya, kandungan cabe hijau yang ada akan membantu pelepasan hormon endorfin dari otak. Seperti yang kita tahu bahwa hormon endorfin merupakan hormon yang sangat aktif untuk membuat perasaan seseorang senang. Maka, jika hormon ini terlepas, suasana hati orang tersebut akan lebih baik.

  1. Sebagai penyembuh luka

Kemudian, kandungan anti-biotik pada cabe hujau sangat baik dalam penyembuhan luka. Dalam hal ini, anti-biotik tersebut akan mempercepat proses pengiriman darah segar ke daerah yang luka atau terkena infeksi sehingga luka akan lebih cepat kering.

  1. Membantu pembentukan kolagen

Kolagen merupakan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Fungsi kolagen ini sendiri baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, organ tubuh, kulit dan juga tulang. Namun, protein ini tidak dapat secara langsung diproduksi tubuh sehingga kita harus mengkonsusmsi makanan yang mampu membantu tubuh dalam membentuk kolagen. Salah satu makanan tersebut adalah cabe hijau. Mengapa bisa demikian? Pada penelitian yang telah dilakukan, setiap 100 g cabe hijau, kandungan RDAnya mencapai 240%, jumlah yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu tubuh dalam membentuk protein yang satu ini.

  1. Penghilang rasa sakit

Selanjutnya, cabe hijau pun bisa dijadikan sebagai obat penghilang rasa sakit. Dalam hal ini, kandungan cabe hijau akan merangsang hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa sakit. Manfaat ini sangat baik untuk para penderita diabetes, herpes, kejang otot dan juga rematik. Mengkonsumsi cabe hijau secara teratur dan dengan dosis yang tepat akan membantu para pasien untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Untuk anda yang mempunyai permasalahan dengan nafsu makan, cabe hijau merupakan sebuah solusi yang tepat untuk anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada pada cabe hijau yang sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan anda. Maka tidaklah heran jika banyak orang menambahkan menu sambal pada menu makanan mereka agar nafsu makan mereka meningkat.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Selain mampu menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker, cabe hijau ternyata juga dapat menjadi salah satu solusi penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh gagalnya tubuh untuk mengubah glukosa menjadi tenaga karena kegagalan tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Akibatnya ialah kadar gula dalam darah akan naik sehingga akan membuat kinerja tubuh akan menurun. Beberapa hal yang dapat mengindikasikan bahwa seseorang terkena diabetes ialah dia akan mudah lelah, sering ke kamar kecil, berat badan menurun secara drastis dan pandangan mulai rabun. Kemudian, mengapa cabe hijau dapat mencegah penyakit gula ini dikarenakan oleh kandungan yang ada pada cabe hijau yaitu anti diabetes.

Dari semua penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa cabe hijau yang sering kita gunakan sebagai bumbu masakan nyatanya mempunyai kandungan luar biasa yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Bukan hanya itu saja, cabe hijau pun dapat membantu dalam memperbaiki mood seseorang. Jadi, mengkonsumsi cabe hijau ini sangat dianjurkan bagi penderita penyakit yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, tetap dengan catatan bahwa cabe hijau dikonsumsi dengan dosis yang tepat karena mengkonsumsi cabe hijau terlalu sering dalam jumlah banyak akan menimbulkan penyakit lain seperti maag atau masalah pencernaan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here