Tahap pertama dalam mengawali usaha ayam pedaging atau ayam potong kamu anda perlu mendalami bagaimana cara merawat anak ayam dari kecil hingga siap komsumsi. apabila anda telah mengenal konsep cara merawat ayam supaya cepat panen kemudian anda bisa langsung terjun untuk mengawali beternak ayam potong ini
Bagaimana? apakah anda sudah tertarik untuk beternak ayam potong di pekarangan rumah anda? Seperti yang kita ketahui sampai sekarang kesempatan usaha beternak ayam kampung, ayam potong, ayam petelur dan juga ayam pedaging sangat besar, dimana setiap daerah tentunya membutuhkan konsumsi ayam untuk kebutuhan sehari-hari mereka, sehingga sangat besar kemungkinanya anda bakal mendapatkan keuntungan yang besar dalam menjalankan budidaya ayam potong skala kecil ini. Pertanyaan selanjutnya mungkin Berapa Modal Untuk Beternak Ayam Potong Skala Kecil?
Modal Untuk Ternak Ayam
Berapa anggaran yang diperlukan untuk ternak ayam supaya cepat besar?
A. Modal Tetap:
  • Kandang ayam 3×3 m 5 buah : Rp.300.000,00
  • 10 buah tempat minum ayam : Rp.60.000,00
  • 10 buah tempat makan ayam : Rp.40.000,00
  • 4 buah lampu penerang : Rp.20.000,00
Jadi Total Modal Tetap Untuk Beternak Ayam potong sekitar : Rp.420.000,00
B. Modal tak tetap:
  • Anak ayam 200 ekor : Rp.100.000,00
  • Kosentrat (BR) 5 karung (@50 kg) : Rp.625.000,00
  • Obat-obatan : Rp.100.000,00
  • Listrik : Rp.25.000,00
Jadi Total Modal Tetap berjumlah  : Rp.850.000,00
Jadi total modal awal Keseluruan yang harus anda keluarkan sebesar  Rp.1.270.000,00
Dari analisa usaha ternak tersebut dapat disimpulkan bahwa anggaran yang diperlukan untuk beternak ayam tidak terlalu besar, Dengan modal minim kamu bisa menjalankan usaha ini sendirian, atau juga anda bisa menjalankan usaha ternak ayam dengan kemitraan, maksudnya anda dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk membuat bisnis ternak ayam potong dengan mitra yang besar. Akan tetapi menurut hemat kami cobalah beternak ayam dimulai dengan skala kecil terlebih dahulu karena pada dasarnya pada bahasan ini kita akan mencoba beternak dengan lahan yang tidak terlalu besar.
Demikian artikel singkat tentang Cara Beternak Ayam Potong Skala Kecil Untung Besar yang bisa anda terapkan dalam pekarangan rumah anda. adapun bagaimana Cara merawat Ayam, Membuat kandang ayam yang baik dan cara mengatasi penyakit ayam bisa anda baca lagi pada artikel kami yang sudah pernak kami tulis sebelumnya. Sekian Semoga bermanfaat. Salam Peternak Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here