Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun lebih manis dan lebih banyak air. Buncis termasuk polong-polongan, ini berarti manfaat buncis tidak jauh berbeda seperti pada manfaat kacang panjangmanfaat kacang merah dan manfaat kedelai. Kandungan dan manfaat seperti apa sajakah yang menjadikan buncis penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buncis yang diperoleh dari kandungan gizinya:

  1. Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Semakin banyak produksi insulin makan akan semakin turun kadar gula darah.
  2. Buncis yang dikonsumsi secara keseluruhan, menyediakan serat makanan yang relatif tinggi . Serat diet membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.
  3. Buncis mengandung merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya folat yang memadai pada ibu hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Mampu melancarkan ASI bagi ibu hamil, dengan mengkonsumsi buncis yang berusia di bawah satu tahun atau biasa dikenal baby bean.
  4. Buncis kaya dengan pitosterol, terutama ß-sitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  5. Buncis mengandung vitamin K yang telah ditemukan memiliki peran dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteo-trofik dalam tulang. Hal ini juga telah membatasi kerusakan saraf di otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here